Hal penciptaan langit dan bumi serta isinya menurut alkitab kristian

Posted: June 26, 2010 in debat agama, dialog agama, islam, katolik, kristian
Kej 1:1  Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
  Kej 1:2  Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
  Kej 1:3  Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.
  Kej 1:4  Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.
  Kej 1:5  Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.
  Kej 1:6  Berfirmanlah Allah: “Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air.”
  Kej 1:7  Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian.
  Kej 1:8  Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.
  Kej 1:9  Berfirmanlah Allah: “Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering.” Dan jadilah demikian.
  Kej 1:10  Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
  Kej 1:11  Berfirmanlah Allah: “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi.” Dan jadilah demikian.
  Kej 1:12  Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
  Kej 1:13  Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.
  Kej 1:14  Berfirmanlah Allah: “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,
  Kej 1:15  dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi.” Dan jadilah demikian.
  Kej 1:16  Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang.
  Kej 1:17  Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi,
  Kej 1:18  dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
  Kej 1:19  Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.
  Kej 1:20  Berfirmanlah Allah: “Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala.”
  Kej 1:21  Maka Allah menciptakan binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan segala jenis burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
  Kej 1:22  Lalu Allah memberkati semuanya itu, firman-Nya: “Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air dalam laut, dan hendaklah burung-burung di bumi bertambah banyak.”
  Kej 1:23  Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kelima.
  Kej 1:24  Berfirmanlah Allah: “Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar.” Dan jadilah demikian.
  Kej 1:25  Allah menjadikan segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
  Kej 1:26  Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”
  Kej 1:27  Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
  Kej 1:28  Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”
  Kej 1:29  Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.
  Kej 1:30  Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian.

Komen:

Lihat dimana ayat yang dapat menjadi pertentangan antara kristian dengan muslim. Petikan ayat ini adalah dari versi katolik. Sama ayat di buku yang saya ada. Sesiapa ada maklumat tentang tajuk ini, boleh dilinkkan ke sini supaya dapat kita kaji bersama-sama untuk tujuan belajar.

Comments
  1. kamarul says:

    salam, penceritaan ini tidak diselitkan dengan perintah, untuk apa manusia dijadikan?

    Allah menciptakan alam ini bukan sia2 mesti ada sebab yang kukuh bagi menjawab akan kjadian2 yang telah dijadikan itu……..

  2. prokatolik says:

    Ayat itu demikianlah seadanya. Jika diedit, jadi isu lain pula. Namun demikianlah adanya. Betul kata anda, Tuhan yang Maha Besar tidak mencipta alam ini dengan sia-sia, semua ada sebab yang kukuh. Manusia diciptakan untuk menguasai binatang ternak di darat dan unggas di udara dan segala isi bumi. Jika kamarul ingin jawapan kalifah, anda akan faham bagaimana Adam manusia pertama diciptakan.

    • kamarul says:

      ya itu saya tahu, tapi bukan sebab itu sahaja manusia diciptakan……manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah, melakukan perintah dan meninggalkan larangan_Nya.

  3. MersaySuri says:

    Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian. kejadian 1:30

    percanggahan!
    1.tumbuhan dicipta pd hari ke-3 manakala matahari pd hari ke-4.
    mcm mane proses fotosintesis bleh berlaku pd hari ke-3 tanpa matahari?
    2.segala haiwan mkn tumbuhan?
    xsemua haiwan makan tumbuhan, ad yang mkn daging jgk. ayat di atas menggunakan perkataan ‘segala’ mknanya tiada 1 pun haiwan yg mkn selain dari tumbuhan. bercanggah sama sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s